Praktek Pungli Pengajuan NUPTK Guru, HMI Minta Tim Saber Pungli Segera Bertindak 

by -58 views

CIAMIS – Menyikapi berita terkait adanya pungutan liar (Pungli) yang dilakukan oleh Kordinator PPG (Pendidikan Profesi Guru) terhadap guru yang mengajukan Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) di lingkup Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis,  Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Ciamis  meminta Tim Saber Pungli untuk segera bertindak.

“Tidak hanya pelaku yang harus ditindak, namun kinerja dari pegawai Dinas Pendidikan juga harus ditingkatkan lagi. Pasalnya, yang melakukan praktik Pungli ini adalah pegawai sukwan (CPNS) jadi dimana para PNS Dinas Pendidikan itu, sampai seorang sukwan bisa melakukan pungli kepada guru-guru yang ingin mengajukan NUPTK,” ujar Wakil Sekertaris Umum HMI Cabang Ciamis, Aos Firdaus, saat ditemui Nolduanews, Kamis (4/7/2019).

Aos mengatakan, harusnya para pegawai Dinas bisa mengakomodir para guru untuk pengajuan NUPTK, seperti halnya memberikan sosialisasi dan pahaman kepada guru-guru agar bisa mengerjakan pengajuan NUPTK secara mandiri.

“Tidak ada salahnya di kumpulkan lalu sosialilasi kepada guru, dan pematerinya si operator atau koordinator PPG. Jadi guru-guru bisa mengajukannya sendiri, dan tidak harus lagi merepotkan kordinator PPG. Meskipun uang itu sebagai tanda terimakasih, atau keiklasan saja, akan tetapi itu juga termasuk praktek pungli,” katanya.

Pihaknya selaku aktivis HMI Cabang Ciamis, sangat menyayangkan adanya praktik pungli di lingkup Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis. Dan meminta kepada Tim Saber Pungli agar bertindak tegas.

“Hal ini jangan dibiarkan, kalau dibiarkan akan menjadi suatu hal yang akan mengerikan kedepannya. Segera tindak tegas pelaku pungli sesuai hukum yang berlaku,” pungkasnya. (Ferry/Nolduanews)

Leave a Reply

Your email address will not be published.