Puskesmas Ciamis Sosialisasikan Bahaya Virus MR Kepada Masyarakat

Puskesmas melakukan sosialisasi kepada masyarakst bahaya virus campak. (Ferry/NDNews)

CIAMIS-Dalam rangka imunisasi vaksin serentak yang akan di selenggarakan pada bulan Agustus sampai September 2017, Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis melaksanakan sosialisasi bahaya Virus Measles Rubella (MR) kepada masyarakat Kelurahan Ciamis, Kamis (27/07/2017).

Imunisasi Virus Measles Rubella (MR) merupakan salah satu perogram kesehatan dari Pemerintah. Measles Rubella (MR) merupakan penyakit Campak yang sangat rentan menyerang anak-anak usia 9 bulan sampai 15 tahun.

Gejalanya seperti demam, batuk pilek, dan bercak merah. Penularannya melalui pernafasan seperti bersin dan batuk.

“Biasanya orang yang mempunyai penyakit virus MR ini tidak merasakan gejala menonjol, namun Virus MR ini hanya menunjukan gejala seperti ruam dan itupun hanya muncul sehari atau dua hari saja,” ujar Dr. Ilham salah satu narasumber dari Puskesmas Ciamis.

Meski ruamnya menghilang, sebenarnya virus MR masih ada di dalam tubuh dan keberadaan virus MR hanya bisa dilihat dari hasil pemeriksaan laboratorium.

“Anak-anak dan remaja sangat rentan terkena virus MR ini, makanya kita harus selalu menjaga kesehatan dan juga makan-makanan yang sehat dan bergizi,” pungkasnya.

Sementara itu Kepala Puskesmas Ciamis N Sulastri menuturkan sosialisasi virus MR ini merupakan salah satu kegiatan imunisasi secara serentak sebagai upaya untuk memutuskan tranmisi.

“Penularan virus campak dan rubella ini sangat rentan terhadap anak usia 9 bulan sampai 15 tahun, maka dari itu anak-anak kita di wajibkan untuk imunisasi agar terhindar dari virus campak dan rubella,” pungkasnya.(Ferry/Nolduanews.com)