Raden Hanip Radinal Dinobatkan sebagai Raja Galuh ke 23

0
2 views

Ciamis – Untuk pertamakalinya dalam sejarah Kerajaan Galuh modern. Raja Galuh dinobatkan. Penobatan dilaksanakan di area situs Budaya Karangkamulyan, senin (23/07).

Rd Rasich Hanif Radinal anak ke-4 dari 5 bersaudara putra dari pasangan suami-istri Rd Ir H Radinal Muhtar (alm) dan Ny H Oepin disepakati oleh kabuyutan adat Galuh menjadi Raja Galuh.

Dari garis keturunan ibunya, Rd Hanif merupakan keturunan ke-6 dari RAA Kusumadiningrat (Bupati ke-16 Galuh), atau keturunan ke-17 Prabu Haur Koneng.

Dan Prabu Haur Koneng merupakan pelanjut Kerajaan Galuh, generasi ke-4 dari Sri Baduga Maraharaja (Siliwangi).

Rd Hanif dikukuhkan sebagai Raja Galuh setelah mendapat persetujuan dari beberapa kali musyarawarah yang dihadiri masyarakat adat dan kasepuhan Galuh dari berbagai kabuyutan di Ciamis yang tergabung dalam Galuh Sadulur.

“Raja yang dimaksud bukan raja dengan kekuasaan dan wilayah territorial. Tapi raja tanpa mahkota, tanpa kerajaan. Beliau hanya sebagai raja secara budaya (kultural). Yang akan mewakili kami dari Galuh untuk urusan-urusan kebudayaan terutama bila ada silaturahmi keraton seluruh nusantara. Beliau (Rd Hanif) raja adalah raja secara budaya. Tak lebih dari itu,” ujar Rd Ruhyat Sudrajat dari Yayasan RAA Kusumadiningrat yang juga Direktur Museum Galuh Pakuan0„2. (Fery/Nolduanews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here