Ratusan Tutor PKBM di Ciamis Ikuti Bimtek Peningkatan Mutu Kurtilas

Ciamis – Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis menggelar kegiatan bimtek Peningkatan Mutu Tutor dan Penyelenggara Kesetaraan Melalui Implementasi Kurikulum 2013, Kamis (28/3/2019) di hotel Priangan Ciamis.

Kepala Bidang Pembinaan PAUD dan Pendidikan Non Formal (PNF) Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis, Hj. Tita Rosita menyebut, kegiatan ini dalam rangka meningkatkan kualitas para tutor (Pengajar) Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) paket kesetaraan.

“Para peserta yang hadir ini merupakan tenaga tutor dari PKBM se Kabupaten Ciamis berjumlah 108 orang, terdiri dari tutor PKBM paket A, B dan C,” katanya.

Tita berharap, melalui bimtek ini bisa memberikan wawasan dan pengetahuan bagi tutor tentang kurikulum 2013. Karena kurikulum 2013 itu menuntut pengembangan karakter peserta didik agar bisa kreatif dan inovatif.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis, DR. H. Wawan Arifien mengatakan, dengan kemajuan jaman dan teknologi, sekolah kesetaraan dan formal sama saja dalam artian sejajar. Sehingga, PKBM tidak perlu minder namun harus mampu berlomba dengan sekolah formal dalam hal output atau lulusan.

“Mengingat zaman yang semakin maju maka kurikulum PKBM juga harus mengikuti perkembangan yakni kurikulum 2013, saya harap bisa diterapkan dengan baik di setiap PKBM,” katanya.

Lanjut dia, dengan bergulirnya revolusi industri 4.0 menuntut kita agar paham dan mampu berteknologi. Gunakan teknologi sebaik mungkin untuk meningkatkan taraf hidup.

“Tutor PKBM harus pintar memanfaatkan keadaan, harus punya life skill sehingga tidak hanya mengandalkan pendapatan sebagai tutor,” pungkasnya. (Ferry/Nolduanews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here