Rest Area Di Kabupaten Ciamis untuk Jalur Mudik Lebaran tahun 2017

CIAMIS – Jalur mudik lebaran tahun 2017, melalui selatan Jawa Barat  menjadi kawasan yang dipilih pemudik karena pendeknya jarak menuju Jawa – Tengah maupun Jawa Timur dibanding dengan menggunakan jalur utara Jawa. Walaupun ruas jalan Tol Cilenuyi – Palimanan maupun Tol Poros Jawa sudah mulai digunakan. Selain karena pendeknya jarak, jalur selatan Jawa Barat dipandang relatif lebih aman karena banyaknya  perumahan penduduk. Hal ini dipilih pemudik untuk menjaga kondisi kendaraan jika sewaktu-waktu mengalami kendala dijalanan.

Namun begitu, jalur selatan Jawa Barat memiliki medan yang cukup terjal dan berliku, bahkan ketika musim hujan jalur ini rawan longsor. Beberapa kawasan yang dianggap memiliki medan curam adalah kawasan Nagreg di Garut dan Gentong di Ciawi – Tasikmalaya. Kedua jalan ini memiliki medan jalan dengan banyaknya belokan, tanjakan dan turunan yang sangat ekstrim. Bahkan rawan kemacetan.

Setelah melalui dua kawasan ini, baru pemudik bisa menikmati jalanan yang relatif mulus. Saat memasuki daerah kabupaten Ciamis, pemudik dimanjakan dengan jalanan yang lurus. Hal tersebut tentu membuat para supir merasakan kepenatan bahkan ngantuk.

Namun begitu para pemudik  jangan khawatir. Saat melintasi daerah Caimis ada beberapa kawasan rest area (area peristirahatan) yang menawarkan berbagai fasititas. Di perbatasan Tasikmalaya – Ciamis, tepatnya di Cihaurbeuti,  pemudik bisa beristirahat dengan menikmati berbagai hidangan khas Ciamis serta ada beberapa autlet kerajinan serta makanan ringan ciri khas Ciamis.

Puluhan rumah makan berjejer disepanjang jalan Cihaurbeuti dengan berbagai hidangan ciri khas Ciamis. Pada beberapa Rumah makan juga tersedia berbagai kerajinan dan makanan olahan khas daerah setempat.

Memasuki Kota Caimis, pemudik juga bisa memanfaatkan fasilitas peristirahatan di SPBU, diantaranya SPBU Imbanagara dan SPBU Bojong. Disini pemudik bisa beristirahat sejenak menghilangkan kepenatan sebelum melanjutkan perjalanan. Fasilitas yang tersedia diantaranya, Mushola, rumah makan, Lesehan dan WC umum serta arel parkir yang relatif luas.

Bagi pemudik yang kebetulan belum menjalankan sholat. Tepat dipusat kota Ciamis, pemudik bisa beristirahat di kawasan mesjid Agung. Posisinya berdekatan dengan alun-alun Ciamis. Alun-alun dengan sebutan terluas di Jawa Barat. Selain beristirahat, para pemudik juga bisa mengabadikan perjalanannya dengan sederet backround fasilitas umum yang disediakan Pemkab Ciamis di kawasan alun-alun.

Sekitar 17 KM dari pusat kota Ciamis. Rest area Karang Kamulyan dapat menjadi tujuan peristirahatan pemudik berikutnya. Rest area ini merupakan kawasan cagar budaya milik Pemkab Ciamis dengan berbagai fasilitas yang refresentatif. Diantaranya, warung dan rumah makan, parkir luas, mesjid hingga wisata Gong Perdamaian Dunia yang terpampang di kawasan ini.

Memasuki kota Banjar. Pemudik yang kelelahan bisa menikmati suguhan kopi hangat maupun mie instan yang ditawarkan penjual di Kawasan Banjar Atas. Kawasan ini menyediakan berbagai fasilitas, diantaranya rumah makan, WC Umum, Mesjid dan warung kopi. (Anwar/NDNEWSCOM)