Ribuan Warga Ciamis Tonton Kirab Budaya Mieling Ngadegna Galuh

CIAMIS-Kirab budaya di Acara Mieling Ngadegna Galuh ka 1407 7 (23 Maret 612 M – 23 Maret 2019 M)  berlangsung semarak Sabtu (923/3/2019). Ribuan warga Kota Ciamis dan sekitarnya tumplek memenuhi jalan yang dilalui kirab. Kirab dimulai dari Keraton Selagangga di Jalan KH Ahmad Dahlan sampai ke Situs Jambansari.

Pantauan nolduanews.com, sejak pukul 07.00 sudah menyemut di jalur yang akan dilalui peserta kirab. Warga ingin melihat langsung kamonesan (kesenian) yang akan dibawa karnaval. Ada bebegig dari Sukamntri, Replika wayang raksasa, calung, reog dan berbagi kamonesan lainnya.

Menurut Ketua Panitia Miéling ngadegna Galuh ka 1407, Ricky Andriawan Mardjadinata ragam kesenian akan ditampilkan hadir juga budayawan seperti Kang Budi Dalton, Kang Man Jasad dan Kang Dedi Mulyadi Purwakarta, Pandu Radéa dari Tapak Karuhun Nusantara juga dari akademisi Rektor Unigal, Yat Rospia Brata yang juga Ketua Dewan Kebudayaan Ciamis.

“Kang Oni Suwarman salah satu artis dan seniman yang merangkap anggota DPD RI juga akan hadir membawakan acara. Nanti juga ada jawara pakidulan,” katanya,

Menurut dia acara Miéling ngadegna Galuh ka 1407 adalah sebuah napak tilas perjalanan Kerajaan Galuh, sebagai bentuk pernghormatan para putra /incu putu Galuh terhadap nama besar Galuh dan para leluhur Galuh yang telah melahirkan sejarah panjang Kerajaan Galuh.Miéling ngadegna Galuh ka 1407 ini memiliki tujuan agar generasi saat ini tidak pareumeun obor. Terlebih acara ini digelar adalah untuk mempererat tali silaturahim sesama saudara yang masih reueus dan mengalir semangat Galuh dalam dirinya.

Hildawati salah seorang mahasiswa Unigal yang menonton acara tersebut mengaku bangga dengan budaya Galuh. Dia berharap acara serupa tetap digelar dan lebih marak lagi. (rasy/nolduanews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here