RSUD Tasik tak Terima Pasien BPJS

TASIKMALAYA-Pelayanan RSUD Kota Tasikmalaya ternyata belum maksimal. Buktinya sejumlah pasien kategori miskin yang menggunakan kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) ditolak rujukannya oleh pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Soekarjo Kota Tasikmalaya. Selain itu sejumlah peserta BPJS juga kerap dilayani alakadarnya.

”Saya tak habis pikir kenapa kami yang miskin ini tak dilayani maksimal. Padahal kami sudah menunjukkan kartu BPJS duh bagaimana ini,” keluh Yudi warga Cisayong Kota Tasikmalaya Rabu (2/1/2019). Keluhan serupa dikemukakan Ai Marfuah warga Kawalu Tasikmalaya. Pihak RSUD kerap menganaktirikan pasien BPJS.

Tapi Direktur Umum RSUD dr. Soekarjo Kota Tasikmalaya, Wasisto membantah tudingan warga tersebut. Pihaknya bukan menolak, namun prosedur dan aturan dari BPJS yang tak membolehkan merawat pasien BPJS.
”Memang benar saya kerap dimarahi keluarga pasien yang ditolak rujukannya. Padahal, kami tidak menolak, hanya aturan BPJS yang mengharuskan pasien untuk masuk ke Rumah Sakit tipe C, padahal kami kan Rumah Sakit tipe B” terangnya.

Dielaskan aturan BPJS mengharuskan setiap pasien miskin harus masuk ke Rumah Sakit tipe C bukan ke tipe B.
“Jadi penolakan pasien BPJS itu berdasarkan aturan kami tak mau melanggar aturan tersebut, karena pasien dengan menggunakan BPJS harus masuk ke rumah sakit tipe C bukan tipe B. Kami bukan menolak tetapi memang itu aturan dari BPJS,” tegasnya.
(ferry/nolduanews)