Satap 2019 Di Ponpes Darusalam Ciamis Jadi Ajang Perpisahan Siswa

by -1,088 views

CIAMIS – Pondok Pesantren Darusalam Ciamis menggelar kegiatan Silaturahmi Akhir Tahun Ajaran Pesantren (Satap) 2019, Minggu (26/5/2019) malam, di Gedung Nadwatul Ummah Darusalam Ciamis.

Sebanyak 354 siswa yang terdiri dari MTs Al-Fadiliyah 126 orang, MAN Darusalam 185 orang, SMA Plus Darusalam 21 orang serta PDFU 22 orang. Satap merupakan kegiatan perpisahan kelas IX dan kelas XII, di lingkungan pendidikan Pondok Pesantren Darusalam Ciamis.

Pengasuh Pondok Pesantren Darusalam Ciamis, Dr. H. Fadlil Yani Ainusyamsi, M. Ag mengatakan, Kegiatan Satap 2019 ini merupakan kegiatan perpisahan bagi kelas IX MTs dan kelas XII MAN dan SMA Plus Darusalam Ciamis.

“Ini kegiatan akhir tahun atau perpisahan, dan ini rutin setiap tahun. Dan untuk saat ini kita mengadakannya pada malam hari di bulan suci ramadhan,” katanya.

Kang Icep sapaan akrabnya menambahkan, untuk lulusan Darusalam, mereka sudah menyiapkan jenjang berikutnya, bagi MTs sudah menyiapkan ke MAN dan SMA Plus Darusalam, bagi lulusan MAN dan SMA itu sudah menyiapkan ke IAID Darusalam dan Universitas lain yang ada di luar Ciamis.

“Kalau untuk kelebihan, setiap lembaga juga mempunyai kelebihan dan ciri khas. Tetapi kalau Darusalam, bahwa kita ingin mengajarkan pendidikan tentang leadersip kepemimpinan, keilmuan modern, dan kemampuan membaca kitab kuning. Jadi ciri khasnya ini, kita menggabungkan pendidikan umum dan pendidikan khas pesantren yaitu membaca kitab kuning,” jelasnya.

Sementara itu, salah satu siswi MAN Darusalam, Nur Al Zahra mengungkapkan, selain belajar, di Darusalam ini bisa menimba diri juga karena disini banyak teman dari pelosok negeri bukan hanya Ciamis saja.

“Jadi yang saya ambil bukan karena pendidikan umumnya, tapi lebih kependidikan ponpesnya. Karena melalui pendidikan ini saya bisa mandiri dan disiplin,” ungkap Nur yang juga merupakan siswa peraih prestasi di bidang Pararel kelas IPS. (Ferry/Nolduanews)

Leave a Reply

Your email address will not be published.