Sheep Show Festival Ternak Ciamis Jadi Tontonan Gratis Warga

by -48 views

Ciamis – Sheep show yang digelar di festival ternak menjadi ajang yang ditunggu – tunggu dan menjadi tontonan gratis warga Ciamis. Kali ini digelar di Lapang Wirabaya Kecamatan Rajadesa, Rabu (10/7/2019).

Puluhan domba peserta kontes Sheep show sudah layaknya model, didandani oleh peternaknya dengan kostum dan aksesoris. Kemudian berjalan di catwalk dengan karpet merah tapi sambil dituntun pemiliknya. Festival ternak ini digelar oleh Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Ciamis.

Ketika melewati panggung kehormatan, domba diharuskan berputar dan menunjukkan kehebatannya di hadapan Bupati Ciamis Herdiat Sunarya dan para pejabat yang hadir. Juri dari Himpunan Peternak Domba dan Kambing Indonesia (HPDKI) dengan sigap menilai kehebatan aksi domba.

Aksi para domba ini menjadi daya tarik tersendiri bagi ratusan masyarakat yang hadir. Gelak tawa warga tak terbendung manakala beberapa domba melakukan aksi berlari bahkan mogok ketika melewati catwalk.

Sekretaris Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Ciamis, Otong Bustomi menuturkan kontes domba ini sebagai ajang memperlihatkan ternak domba garut yang dihasilkan oleh peternak Ciamis.

“Harapannya kita ingin kontes domba ini menjadi daya tarik bagi masyarakat, sekaligus bagi wisatawan sehingga bisa mendongkrak perekonomian warga,” ungkapnya.

Dikatakan Otong penilaian kontes ini dibagi dalam beberapa kategori, mulai dari ratu bibit, petetan, pejantan dan lainnya. Penilaian lain dari umur, pertumbuhannya, bentuk tubuh, kekompakan tubuh dan kesehatan juga keserasian bulu.

“Para juara ini nanti akan mendapatkan reward dan diikutsertakan ke kontes tingkat propinsi,” pungkasnya. (Ayu/Nolduanews)

Leave a Reply

Your email address will not be published.