Siswa Kelas XII SMKN 2 Ciamis Diterima Kerja Sebelum Pelulusan

0
20 views

CIAMIS – Banyaknya siswa kelas XII SMKN 2 Ciamis yang sudah diterima kerja sebelum pelulusan membuat mereka tidak bisa menghadiri kegiatan perpisahan yang dilaksanakan di Gedung Islamic Center, Kamis (25/4/2019).

Kepala SMKN 2 Ciamis Drs Asep Agus MM mengatakan terserapnya lulusan angkatan 2018/2019 meskipun belum menerima ijazah dari pihak sekolah sangat membanggakan. Menurutnya program penjaringan dari beberapa perusahaan ini merupakan agenda tahunan Bursa Kerja Khusus (BKK) SMKN 2 Ciamis yang sudah terjalin dengan mitra – mitra perusahaan yang memanfaatkan setiap lulusan.

“Kepercayaan perusahaan terhadap lulusan sekolah ini setiap tahunnya patut dibanggakan,” katanya.

Lulusan SMKN 2 Ciamis, kata Asep Agus, memang disiapkan untuk terjun ke dunia kerja, berwiraswasta dan selebihnya melanjutkan ke perguruan tinggi negeri maupun swasta. Sehingga dalam prosesnya tidak hanya dalam kemampuan akademik dan keterampilan saja melainkan segi kedisiplinan jadi perhatian utama sekolah.

Hal ini kata Asep untuk mengimbangi tuntutan dunia kerja yang membutuhkan tenaga kerja terampil dan disiplin.

“Alhamdulillah lulusan dari SMKN 2 Ciamis bisa bersaing di dunia kerja dan bisa diandalkan di perusahaannya bahkan diantaranya sudah menjabati posisi-posisi strategis diperusahaannya dan sebagian lagi ada yang berwiraswasta sesuai dengan kompetensi keahlian yang digelutinya selama dia menimba ilmu pendidikan di SMKN 2 Ciamis,” tegasnya.

Sementara itu ketua panitia Wisuda SMKN 2 Ciamis Teguh Patrianda mengatakan, ada 462 siswa SMKN 2 Ciamis yang mengikuti prosesi wisuda. Siswa tersebut berasal dari enam jurusan yaitu kompetensi Keahlian Teknik Gambar Bangunan, Kompetensi Keahlian Teknik Kontruksi Batu dan Beton, Kompetensi Keahlian Teknik Furniture, Kompetensi Keahlian Teknik Permesinan, Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan dan Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan.

Kata dia lulusan SMKN 2 Ciamis sudah banyak yang diterima bekerja sebelum acara perpisahan. Mereka diterima di berbagai perusahaan dalam negeri, yakni PT Denso Indonesia, PT Astra Daihatsu Motor, PT Astra Honda Motor, PT Astra Auto Part, PT Aisin Manufacturing, dan PT Samsung Electronic Indonesia. (Ayu/Nolduanews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here