SMAN 1 Kawali Bentuk Pelajar Sadar Hukum Dan Anti Narkoba

0
1 views

KAWALI – Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Kawali menggelar kegiatan Program Kerja bersama Forum Pelajar Sadar Hukum dan Ham (FPSH) SMAN 1 Kawali, dengan agenda kegiatan Pengukuhan dan Training Of Trainer Forum Pelajar Sadar Hukum dan Ham angkatan ke-2, di Aula RKB SMAN 1 Kawali Rabu (21/2/2018).

Kepala sekolah SMAN 1 Kawali H. Sudarman, S.Pd., M.Pd., mengatakan kegiatan ini bekerja sama dengan Kementrian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Provinsi Jawa Barat dan juga bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Ciamis, dengan kegiatan ini bertujuan supaya menghasilkan calon pemimpin-pemimpin yang berkualitas dalam sisi Intelektual, Spritual dan Sosial.

“Kami ingin mempersiapkan generasi muda yang nantinya bisa menjadi pemimpin yang tangguh dalam menghadapi keadaan bagaimana pun,” ujarnya.

Lanjut dia, kondisi saat ini sangat riskan tentang pergaulan-pergaulan remaja banyak yang terjerumus kepada narkoba, tawuran dan kriminalitas lainnya. Maka dengan digelarnya kegiatan ini merupakan salah satu upaya menggembleng dan memberikan pengetahuan khususnya dibidang hukum.

“Untuk jumlah anggota Forum Pelajar Sadar Hukum dan HAM yang ada di SMAN 1 Kawali sudah mencapai 100 pelajar yang aktif dalam kegiatan-kegiatan ekstrakulikuler yang bekerja sama denga OSIS,” ungakpnya.

Sudarman berharap bagi siswa-siswi yang belum menjadi anggota Forum ini bisa segera bergabung dan kedepannya dengan Forum ini diharapkan bisa membentuk siswa-siswi yang paripurna yang nantinya apabila sudah keluar bisa menjadi calon pemimpin masa depan yang mampu membawa bangsa ini untuk lebih baik.

“Kegiatan ini akan terus digelar minimal satu tahun sekali supaya dengan adanya perubahan siswa-siswi yang baru akan adanya regenerasi anggota Forum Pelajar Sadar Hukum dan HAM ini,” pungkasnya.

Sementara itu Kasi P2M BNNK Ciamis Deny Setiawan, S.Sos. M.M mengatakan bahwa pelajar merupakan aktor intelektual yang memiliki masa depan yang gemilang, untuk itulah pelajar harus dijaga agar tidak terlibat dengan kenakalan remaja, masalah hukum, termasuk narkoba.

“Melalui Forum Pelajar Sadar Hukum dan HAM ini diharapkan pelajar mampu menata diri untuk menjaga masa depannya agar tidak terlibat dengan masalah narkoba,” ujarnya.

Deny mengatakan, Kegiatan ini pula bisa dijadikan untuk mempersiapkan pelajar terbebas dari ancaman narkoba dan ikut berperan serta dalam upaya pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba (P4GN) baik di dalam maupun luar sekolah.

“Saya berharap para pelajar ini mampu menterjemahkan hukum atau peraturan-peraturan yang berlaku saat ini, khususnya Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, hal ini penting sebagai upaya membentengi diri dari ancaman narkoba dan permasalahan hukum lainnya,” ungkapnya. (Ferry/Nolduanews.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here