Tanggul Jebol Gara – gara Sampah, Dua Hektar Sawah Di Sindangrasa Terendam Air

0
0 views

CIAMIS – Diduga gara gara membuang sisa pohon bambu sembarangan ke selokan, tanggul dekat lahan pesawahan jebol dan menyebabkan dua hektar lebih sawah milik warga Dusun Karacak Desa Sindangrasa Kecamatan Ciamis terendam air, Kamis (8/2/2018).

Salah satu Warga Dusun Karacak Desa Sindangrasa Kecamatan Ciamis Koswara (52) menjelaskan awalnya ada orang yang membuang banyak sampah sisa-sisa pohon bambu ke selokan dan imbasnya aliran sungai tersumbat karena ada lorong yang kecil.

“Di selokan ini kan ada jembatan jaman dulu yang pembuatanya masih menggunakan batu, jadi kan lorongnya itu kecil. Sedangkan sampah bambu tersebut banyak dan juga panjang, jadi sudah jelas mampet. Di tambah kondisi hujan yang cukup lama jadi air selokan tersebut semakin banyak, dan tanggul pun langsung jebol,” jelasnya.

Koswara mengatakan, lahan persawahan milik warga yang terendam air tersebut menyebabkan gagal panen, karena pohon padi yang tergenang air akan membusuk.

“Dampaknya yang pasti akan gagal panen, karena pohon padinya membusuk tergenang air. Padahal musim panen disini di prediksi dua bulan lagi,” ungkapnya.

Dengan adanya kejadiaan ini, Koswara serta warga lainya yang sawahnya terendam air rugi besar, dikarenakan gagal panen. “Pasti rugi kan tidak bisa panen, sedangkan sekarang harga beras naik, tentunya rugi besar,” terangnya.

Koswara meminta kepada masyarakat setempat agar tidak membuang sampah sembarangan ke sungai, dan juga kepada Pemerintah Daerah melalui intansi terkait agar bisa membantu menanggulangi permasalahan ini.

“Mudah-mudahan saja dengan adanya kejadian ini masyarakat bisa sadar dan mengerti akan pentingnya lingkungan dan kebersihan sungai, karena buang sampah sembarangan tentunya sudah tahu akan dampak dan kerugianya seperti apa, ” pungkasnya. (Ferry/Nolduanews.com)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here