Tingkatkan Pembelajaran, 513 Siswa SD Ikuti Lomba Calistung dan Siswa Berprestasi

0
67 views
Siswa Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Ciamis mengikuti lomba menulis, membaca dan berhitung (Calistung) di SDN 1 Cijeungjing, Rabu (20/2/2019). Foto: Ferry/Ndn

Ciamis – Sebanyak 513 siswa Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Ciamis mengikuti lomba menulis, membaca dan berhitung (Calistung) dan Siswa Berprestasi, Rabu (20/2/2019) di SDN 1 Cijeungjing. Lomba tersebut bertujuan untuk mengetahui tingkat pencapaian kompetensi peserta didik dalam bentuk pemahaman dan penguasaan membaca, menulis dan berhitung.

Kasi Pendidikan Dasar, Dinas Pendidikan kabupaten Ciamis, Deni S.Pd mengatakan, lomba ini menjadi ajang pembinaan secara tidak langsung, dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran di SD. Untuk menumbuhkembangkan berbagai jenis kecerdasan siswa, baik kognitif, emosional, sosial dan spiritual.

Para siswa-siswi sedang melakukan upacara pembukaan Lomba Calistung di SDN 1 Cijeungjing, Rabu (20/2/2019). Foto: Ferry/Ndn

“Termasuk di dalamnya usaha meningkatkan ilmu pengetahuan, teknologi, keterampilan, kepribadian, rasa percaya diri, kreatif dan sikap kepemimpinan yang demokratis dikalangan siswa,” katanya.

Melalui lomba ini, lanjut Deni, dapat meningkatkan kecintaan peserta didik terhadap bahasa dan sastra Indonesia sebagai sarana untuk membangun karakter jati diri dan kebanggaan nasional.

“Diharapkan para juri mampu menilai peserta secara obyektif. Peserta yang memang memiliki kemampuan dan memiliki prestasi. Tidak ada permainan yang dilakukan oleh para juri,” ucapnya.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis, H. Wawan S Arifien mengatakan, peserta lomba yang ada saat ini merupakan yang terbaik di setiap Kecamatan di Kabupaten Ciamis. Ini juga sebagai bentuk dari hasil jerih payah para guru pembimbing di masing-masing sekolah, sehingga bisa ikut lomba.

“Untuk para juri saya titipkan untuk memberikan nilai yang sejujur-jujurnya kepada peserta,” pungkasnya. (Ferry/Nolduanews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here