TNKB Tidak Sesuai Spek Dijaring Operasi Zebra Polres Ciamis

0
41 views

Ciamis – Salah satu sasaran operasi zebra lodaya 2018 adalah Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) yang tidak sesuai spek. Sepekan pelaksanaan operasi ini sedikitnya 12 kendaraan roda 4 telah terjaring.

Kasat Lantas Polres Ciamis AKP Agoeng Ramadhani mengakui pohaknya telah menindak 12 kendaraan roda 4 yang tidak sesuai.

“Selain melakukan penilangan, kita juga mewajibkan pengemudi untuk mengganti plat nomor mobilnya sesuai aturan,” ucapnya.

Dikatakan Agoeng untuk R4 ini kasus pelanggarannya di TNKB dan seat belt sementara untuk kendaraan roda dua pelanggaran karna tidak memakai helm masih terbilang tinggi.

“Untuk meminimalisir kecelakaan lalu lintas dari sejak awal kami telah memberikan sosialisasi termasuk memasang banner di beberapa titik rawan kecelakaan,” terangnya.

Agoeng melanjutkan dalam sepekan operasi zebra telah tercatat kasus pelanggaran tilang sebanyak 3590. Yang terdiri dari 2552 tilang dan 1038 teguran.

“Untuk jenis pelanggarannya, tidak menggunakan helm sebanyak 74, child restrain 43, seat belt 20, penggunaan hp 13 dan 16 kasus melawan arus,” papar Agoeng.

Sementara untuk usia pelanggar lanjut Agoeng masih didominasi oleh pelajar setingkat SMA dan mahasiswa.

“Usia 15 – 20 tahun masih mendominasi pelanggaran lalu lintas dengan total mencapai 116 pelanggar,” pungkasnya. (AY/NDNwes)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here