Tokoh Ulama Dan Masyarakat Kawali Datangi Kantor Kemenag Pertanyakan Kejelasan Tuan Rumah MTQ

CIAMIS – Sejumlah tokoh ulama dan masyarakat Kawali mendatangi kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Ciamis, Jumat (27/10/2017).

Kedatangan para tokoh ulama dan masyarakat Kawali tersebut mempertanyakan pemindahan tempat penyelenggaraan MTQ yang seharusnya di Kawali menjadi di Kota Ciamis.

Salah satu tokoh masyarakat Kawali H. Taufik Hidayat mengatakan, berdasar informasi dari masyarakat bahwa penyelenggaraan MTQ itu rencananya akan dipindahkan ke Kota Ciamis tanpa ada alasan yang jelas dari Pemerintah Kabupaten Ciamis.

“Kami telah mendangar informasi dari sekmat Kawali dan Kepala KUA yang telah mengikuti rapat di Kemenag tentang MTQ yang tidak jadi diselenggarakan di Kawali malah di pindahkan ke Kota Ciamis,” ujarnya.

Taufik menambahkan, masyarakat dan sejumlah tokoh ulama Kawali optimis tuan rumah MTQ bisa diselenggarakan di Kecamatan Kawali, karena panitia penyelenggara telah menyiapkan fasilitas perlombaan hingga 90% dan sudah siap digunakan.

“Kami berharap dengan diadakanya audensi dengan kepala Kemenag hari ini mudah-mudahan bisa membawa hasil yang baik dan bisa dipindahkan kembali ke Kawali, karena kami selaku tuan rumah sudah siap mensukseskan MTQ tahun 2017 tingkat Kabupaten itu” ungkapnya.

Sementara itu Kepala Kementrian Agama Kabupaten Ciamis Yusron Kholid mengungkapkan sesuai informasi dari Bupati Ciamis, bahwa waktu dan tempat pelaksanaan MTQ itu digilir pertahunnya.

“Jadi setiap tahunya akan digilir misalnya sekarang di Kecamatan dan tahun selanjutnya di Kota/Kabupaten dan tahun selanjutnya di Kecamatan lagi. Itu sesuai informasi yang saya tahu dari Bupati, saya di LTPQ itu hanya klining sektor teknisnya saja jadi yang menentukan waktu dan tempat kewenangan Bupati dan Sekda,” ujarnya.

Kata Yusron, pihaknya akan menanyakan langsung kepada Bupati Ciamis. Dan menyampaikan kekecewaan masyarakat Kawali tersebut. (Ferry/Nolduanews.com)