Unik, Pelantikan Kades Karangkamulyan Diarak Dengan Kuda

Prosesi pelantikan kepala Desa Karangkamulyan, Kecamatan Cijeungjing, Ciamis diarak menggunakan kuda. 

CIAMIS-Pelantikan Kepala Desa Karangkamulyan Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis sangat berbeda dengan pelantikan seperti yang biasa dilkakukan oleh Kepala Desa lainya. Biasanya Pelantikan kades itu dilakukan di Pendopo ataupun di Sekretariat Daerah untuk pengambilan Sumpah jabatan.

Tetapi Kepala Desa Karangkamulyan yang terpilih M Abdul Haris yang akan dilantik di Situs Obyek Wisata Ciungwanara Karangkamulyan terlebih dahulu diarak menaiki kuda dari tempat tinggalnya menuju tempat pelantikan dan juga dilantik langsung oleh Bupati Ciamis H Iing Syam Arifin.

Kepala Desa Karangkamulyan Moh Abdul Haris mengatakan proses arak-arakan menggunakan kuda sebelum dilantik sebagai keinginan dari masyarakat. Menunjukan Kepala Desa merupakan milik masyarakat.

“Banyak yang terlibat, ada rebanaan, karang taruna, motor-motor, kawargian adat dan masyarakat ikut mengarak ke lokasi. Saya merasa terharu, masyarakat ingin pelantikan kades berbeda dari biasanya,” ujarnya sebelum pelantikan, Selasa (11/04/2017).

Haris berharap, kedepannya pelantikan ini menjadi gambaran bagi desa-desa lain di Kabupaten Ciamis agar memiliki upacara adat sesuai dengan kesenian khas yang ada di Desa masing-masing. Karena menurutnya hal ini menunjukan kearifan lokal dan dapat menjadi daya tarik untuk menunjukan identitas desa di Kabupaten Ciamis yang kaya akan kesenian dan budaya.

“Jadi ada daya tarik khusus terutama bagi para wisatawan seperti di Desa Karangkamulyan ini, diharapkan menjadi Desa Wisata yang ada di Kabupaten Ciamis karena kita memiliki situs obyek wisata Ciung Wanara yang menjadi andalan dan letaknya yang strategis di Jalan Nasional, biasa dilalui para pemudik dan wisatawan,” pungkasnya. (Ferry)