Waiting List Jamaah Haji Ciamis Sampai Tahun 2030

CIAMIS – Pendaftar haji di Kabupaten Ciamis sampai awal Agustus 2017 yang terdaftar di Kantor Kementrian Agama Kabupaten Ciamis mencapai 14.291 orang.

Jumlah tersebut jika diasumsikan dibagi 1.113 orang pertahun yang bisa diberangkatkan sesuai kuota saat ini, maka waitinglist bagi pendaftar haji terakhir di Ciamis sampai pada tahun 2030.

Menurut Kasie Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kantor Kementrian Agama Kabupaten Ciamis, H. Asep Lukman Hakim waitinglist calon jamaah haji Ciamis mengalami penurunan, yang tadinya sampai tahun 2033, sekarang menjadi tahun 2030 bagi pendaftar haji pada bulan agustus 2017.

“Setelah ada penambahan kuota haji sebesar 25% bagi daerah, maka otomatis berpengaruh kepada waitinglist calon jamaah haji Ciamis” ungkapnya.

Kata dia, di Jawa Barat ada dua daerah yang waitinglist calon hajinya minim, yakni Sukabumi dan Cianjur. Hal ini disebabkan perhitungan kuota haji berdasarkan jumlah penduduk muslimnya, sementara di kedua daerah tersebut pendaftarnya minim jika dibagi dengan jumlah penduduk muslimnya.

Lanjutnya, ke depan kebijakan kuota haji bukan hanya dilihat dari pembagian jumlah penduduk muslimnya, tetapi akan diertimbangkan berdasarkan daftar waitinglistnya.

“Mudah – mudahan kuota calon Jamaah haji Ciamis kedepan mengalami penambahan, dan bisa mangurangi daftar waitinglist saat ini” ujarnya (aep/nolduanews)