Connect with us

Terkini

Warga Sindangkasih di Teror Hewan Berang-Berang, Puluhan Ekor Ayam Habis di Mangsa

Published

on

CIAMIS – Warga Dusun Bantar, Desa Sukaraja, Kecamatan Sindangkasih, Kabupaten Ciamis diteror hewan berang-berang, dalam satu bulan ini hewan tersebut telah menghabiskan 40 ekor ayam dan ikan warga setempat.

Masyarakat di Dusun Bantar sering melakukan pencarian hewan yang meresahkan warga itu, namun beberapa kali di cari hewan tersebut tidak kunjung ditangkap dikarenakan lincah hingga menyulitkan masyarakat untuk menangkapnya.

Pada hari Rabu pukul 01:00 dini hari, sejumlah warga mempunyai rencana untuk menjebak hewan tersebut. Akhirnya sekitar 6 ekor hewan berang-berang berhasil ditangkap dengan cara di jaring oleh masyarakat.

Tokoh Pemuda Dusun Bantar Agus Rusad Nurdin (40) mengatakan, awalnya masyarakat dikejutkan dengan kehilangan ayam dan ikan. Dikira hilangnya ayam dan ikan itu oleh ulah manusia yang mencurinya.

Setelah mengetahui sering terjadi kehilangan, masyarakat langsung mebgadakan ronda rutin setiap malamnya. Tapi tetap saja ada ayam dan ikan di kolam yang hilang.

“Setelah adanya pemberitahuan dari warga yang mengungkapkan bahwa melihat puluhan ekor hewan berang-berang yang melewati rumah-rumah penduduk kampung,” katanya.

Kemudian lanjut Agus, masyarakat melakukan pencarian hewan tersebut namun sulit ditemukan, sekali ditemukan sulit untuk ditangkap.

“Pada dini hari tadi, kami bersama sejumlah masyarakat berbondong-bondong untuk menjebaknya dengan jaring, al hasil kami berhasil menangakap 6 ekor hewan berang-berang tersebut,” pungkasnya. (Ferry/Nolduanews)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita

HUT Persit Ke 73, Cab.XXIV Kodim 0613/Ciamis dan HUT Darma Pertiwi ke 55, Gelar Baksos, Donor Darah dan Anjangsana di Panti Yatim Manarul Ulum

Published

on

Ketua Persit KCK Cabang XXIV Kodim 0613/ Ciamis, Ny. Dara Arum Tri Arto Subagio menyerahkan beberapa paket sembako yang diterima secara simbolis oleh Ketua panti yatim Yayasan Manarul Ulum, Sabtu (18/3/2019). Foto: Ayu/Nolduanews

Ciamis – Dalam rangka memperingati HUT Persit Kartika Chandra Kirana ke 73 KCK Cabang XXIV Kodim 0613/Ciamis dan Hut Darma Pertiwi Ke 55, menggelar kegiatan Bakti Sosial,Donor Darah dan Anjangsana ke Panti Yatim Manarul Ulum Desa Sindangrasa Kecamatan Ciamis, Senin (18/3/2019).

Pada kegiatan anjangsana ini Ketua Persit KCK Cabang XXIV Kodim 0613/ Ciamis, Ny. Dara Arum Tri Arto Subagio menyerahkan beberapa paket sembako yang diterima secara simbolis oleh Ketua panti yatim Yayasan Manarul Ulum.

“Alhamdulillah hari ini kami bisa berbagi sembako dengan anak – anak yatim dan warga sekitar yang kurang beruntung,” ujar Ny Dara Arum Tri Arto Subagio yang didampingi oleh Ibu pengurus dan Ibu – ibu Jalasenastri TNI Angkatan Laut Kabupaten Pangandaran.

Ketua Persit KCK Cab XXIV Kodim 0613/Ciamis beserta rombongan ibu – ibu Persit meninjau bank sampah, Sabtu (18/3/2019). Foto: Ayu/Nolduanews

Usai melaksanakan anjangsana di Panti Yatim Manarul Ulum Ketua Persit KCK Cab XXIV Kodim 0613/Ciamis beserta rombongan ibu – ibu Persit meninjau bank sampah yang ada di Dusun Pasir Peuteuy Desa Pawindan.

“Di tempat ini kami melihat bagaimana proses penyortiran sampah, mana yang termasuk sampah organik maupun anorganik,” ujarnya.

Kegiatan donor darah yang dilaksanakan di Aula Makodim 0613/Ciamis, Sabtu (18/3/2019). Foto: Ayu/Nolduanews

Rangkaian kegiatan lainnya ungkap Ny Dara Arum Tri Arto Subagio yakni kegiatan donor darah yang dilaksanakan di Aula Makodim 0613/Ciamis.

“Donor darah ini diikuti oleh ibu – ibu anggota Persit KCK XXIV dan TNI Kodim 0613/ Ciamis, Yang mana darah yang terkumpul nanti akan disumbangkan ke PMI Ciamis untuk membantu sesama yang membutuhkan,” terangnya.

Sementara itu Dandim 0613 /Ciamis Letkol Arm Tri Arto Subagio mengatakan kegiatan anjangsana ini merupakan bentuk kepedulian sosial dan perhatian dari Persit maupun Dharma Pertiwi kepada warga panti yatim dan masyarakat yang membutuhkan darah.

“Kegiatan ini sebagai jalinan tali asih serta kesetiakawanan sosial kepada sesama,” pungkasnya. (Ayu/NolduaNews.com)

Continue Reading

Pendidikan

Gali Potensi dan Kemampuan Guru Paud, Disdik Ciamis Gelar Lomba Karya Nyata

Published

on

CIAMIS – Dalam rangka menggali potensi, bakat, minat dan kemampuan guru serta tenaga kependidikan Paud, Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis melalui Bidang Pembinaan Paud, menggelar Lomba Karya Nyata Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Paud dan PNF Tingkat Kabupaten Ciamis, Rabu (6/3/2019) di Gedung Galuh Rahayu (Golkar) Ciamis.

Kegiatan Lomba Karya Nyata ini diikuti sebanyak 54 orang, yang merupakan perwakilan dari 27 UPTD Pendidikan Kecamatan se-Kabupaten Ciamis.

Kabid Pembinaan Paud, Hj. Tita Rosita mengatakan, tujuan kegiatan lomba Karya Nyata GTK Paud ini, untuk menggali potensi, bakat, minat dan kemampuan guru dan tenaga kependidikan Paud, serta unjuk kemampuan dan kebolehan guru dan tenaga kependidikan anak usia dini.

“Selain itu juga, tujuan lomba karya nyata ini untuk mengarahkan kemampuan guru dan tenaga kependidikan anak usia dini tampil di depan publik, serta menjaring kejuaraan untuk mengikuti lomba ke tingkat Provinsi,” katanya.

Tita menambahkan, untuk juri dalam Lomba Karya Nyata ini sebanyak 6 orang, yang terdiri dari unsur Himpaudi sebanyak 5 orang, dan praktisi Paud dan PNF sebanyak 1 orang.

Sedangkan untuk materi penilaian lomba, lanjut Tita, ada 3 materi yang akan di nilai oleh juri, diantaranya penilaian Administrasi, Penilaian Naskah Karya Nyata, dan Penilaian Presentasi Karya Nyata.

“Untuk juara 1 nantinya akan menjadi perwakilan Kabupaten Ciamis, untuk mengikuti lomba Apresiasi GTK Paud dan Dikmas ke tingkat Provinsi Jabar, yang rencananya akan dilaksankan pada tanggal 4-6 April mendatang,” pungkasnya. (Ferry/Nolduanews.com)

Continue Reading

Berita

Lawan Hoax, Polres Ciamis Adakan FGD Bersama Masyarakat

Published

on

CIAMIS – Dalam upaya menangkal beredarnya informasi tidak benar (Hoax) serta meningkatkan Persatuan dan Kesatuan Masyarakat jelang Pemilihan Umum (Pemilu) pada bulan April 2019 mendatang, Polres Ciamis menggelar kegiatan diskusi bersama ormas, OKP serta beberapa elemen masyarakat Ciamis, Selasa (27/2/2019) di Aula Hotel Tyara Ciamis.

Kegiatan yang bertajuk Forum Group Diskusi (FGD) tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Ciamis AKBP Bismo Teguh Prakoso, dan didampingi Kasat Binmas Polres Ciamis, AKP Firman Alamsyah.

Kegiatan tersebut mengusung tema “Melawan Hoax Merawat Kebhinekaan dan Menjaga Keutuhan NKRI”.

Kasat Binmas Polres Ciamis, AKP Firman Alamsyah mengatakan, berita bohong (Hoax) terjadi bukan hanya menjelang pemilu saja, tetapi di hari-hari biasa Hoax bisa saja terjadi.

Pengurus KBPP Kab.Ciamis berfoto bersama dengan pihak kepolisian setelah kegiatan FGD, Selasa (26/2/2019). Foto: Ferry/Ndn

“Sebenarnya mencegah Hoax itu gampang, saat ini memang sedang pemilu jadi banyak berita Hoax. Tapi sebenarnya, Hoax bisa terjadi kapan saja. Cara untuk mencegah Hoax, mulai dari kesadaran kita sendiri, kalau kita mendapatkan berita apapun itu, kita cermati dulu kebenarannya aktual atau tidak, kalau tidak jangan kita sebar lagi,” katanya.

Firman menyarankan, kepada masyarakat agar cerdas menanggapi berita Hoax. Jangan asal nyebar berita tanpa mengetahui dulu isi berita itu apa.

“Kita juga harus cerdas, jangan hanya bisa nyebar berita saja. Tapi kita harus baca isi berita tersebut, sumbernya dari mana, kalau tidak jelas asal usulnya jangan di sebar,” ucapnya.

Sementara itu, Sekertaris KBPPP Kabupaten Ciamis, H. Dedi Kusmana sangat mendukung kegiatan Forum Group Diskusi tersebut. Pasalnya kegiatan tersebut sangat membantu masyarakat untuk mengantisipasi pemberitaan Hoax di media sosial, terlebih saat ini sedang pemilihan umum.

“Saya pribadi sangat mendukung kegiatan tersebut, melalui kegiatan itu saya jadi mengetahui cara mudah membedakan berita hoax dan berita benar. Mudah-mudahan masyarakat Ciamis bisa lebih cerdas lagi menanggapi pemberitaan hoax di media sosial,” pungkasnya. (Ferry/Nolduanews)

Continue Reading

Trending

%d bloggers like this: