Wirausahawan Di Indonesia Rendah

0
1 views

Ciamis – Pendidikan harusnya mampu menciptakan tenaga kerja terdidik. Artinya, menghasilkan Masyarakat yang terampil berwirausaha. Bukan masyarakat buruh atau pekerja.

“Keterampilan berwirausaha sangat diperlukan mengingat secara prosentase Wirausahawan kita cujup rendah jika dibanding dengan negara tetangga” ujar Kabid Dikdas Disdik Ciamis, Drs. Anto Suryanto, M.Pd. saat Seminar Hari Pendidikan Nasional yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam, Rabu, (2/5/2018) di Ruang Multimedia Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Darussalam Ciamis.

Disampaikan Anto, wirausahawan di Indonesia berkisar pada angka 3,5 % dari dua ratus juta lebih penduduk. Sedang Malaysia berkisar pada 80 % dan Singapura 22 %.

Menurut Anto, ada sejumlah hal pokok yang perlu diingat tentang peran dan fungsi pendidikan dalam mempersiapkan calon penerus bangsa. Dan setiap proses dalam pendidikan harus didukung oleh semua pihak. Apalagi dengan kompleksnya persoalan bangsa kedepan.

” Jika mengalirkan kritik dan berdiam diri saja, tentu proses untuk menggapai cita-cita pendidikan hanya mimpi belaka” ujar Anto.

Sementara itu, salah seorang mahasiswi IAID Darussalam, Titin Supriatin mengatakan hardiknas harus menjadi momentum untuk merefleksikan kembali pendidikan di Indonesia. Sebab menurutnya, pendidikan adalah perkara wajib sebagaimana sabda Rasulullah yang memerintahkan umatnya untuk mencari ilmu dari lahir sampai ke liang lahat.

“Seminar ini menarik, namun masih ada bahan evaluasi terkait dengan manajemen waktu. Semoga mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini mendapat kesadaran tentang bagaimana memiliki sikap mandiri, kerja keras serta harus bercita-cita tinggi,” ungkap mahasiswa semester dua tersebut.

(Maulana/Nolduanews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here