Wow..! Anggaran Kampanye Pilkada Ciamis Rp 14,5 Miliar

0
0 views

CIAMIS- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ciamis menetapkan anggaran maksimal untuk masing masing calon bupati ciamis sebesar Rp 14,5 M. Hal itu terungkap dalam rapat koerdinasi (Rakor) penyamaan persepsi terkait beberapa hal menyangkut kegiatan kampanye bersama dua tim pemenangan bakal pasangan calon Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Ciamis 2018.

Tim pasangan Herdiat-Yana (HY) dan tim pasangan Iing-Oih (IO) di Aula Kantor KPU Ciamis Rabu (7/2/2018).

Dalam rapat koerdinasi tersebut dibahas besaran anggaran untuk kampanye yang disiapkan oleh tim pemenangan pasangan. Sesuai kesepakatan, KPU Ciamis menetapkan besaran maksimal Rp14,5 miliar.

Ketua KPU Kabupaten Ciamis Kikim Tarkim mengatakan waktu Kemarin KPU Ciamis belum bisa menyampaikan, karena memang ada tambahan. Dari sebelumnya sekitar Rp13,6 miliar ada tambahan sekitar Rp600juta, jadi sesuai kesepakatan sekitar Rp14,5 miliar.

 

“Anggaran tersebut merupakan anggaran maksimal. Baik untuk alat peraga kampanye, untuk kampanye rapat umum, rapat terbatas dan tatap muka, besarannya tidak melampaui angka sekitar Rp14,5 miliar, ” ujarnya.

Kikim mengatakan, tahapan kampanye akan dilaksanakan mulai 15 Februari 2018. Rapat koordinasi penyamaan persepsi ini, tujuannya untuk menjelaskan kaitan beberapa hal menurut persepsi tim kampanye yang masih menjadi pertanyaan. Sehingga pada saat pelaksanaan kampanye, semua pihak memiliki pandangan sama.

 

 

“Kaitan dengan alat peraga kampanye, Atas anggaran KPU Ciamis dibuat lima baliho per Kabupaten tiap calon. Dalam rapat ini, ada penambahan pembuatan baliho, spanduk dan sejenis alat peraga kampanye lainnya mencapai 150 persen,” ungkapnya.

Lanjut dia, Dari lima baliho dengan ukuran yang telah ditentukan dan dicetak KPU, pasangan calon bisa menyetak tambahnya sebanyak 8 baliho. Ukurannya tidak melebihi yang telah ditentukan KPU.

“Terkait dengan laporan kekayaan pasangan calon sampai saat ini kami belum menerima tembusan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Bila sudah ada, KPU akan langsung menyampaikannya kepada masyarakat. Dan untuk penetapan bakal pasangan calon menjadi pasangan calon pada 12 Februari 2018 di Kantor KPU Ciamis,” pungkasnya.
(fery)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here