Wujud Kemitraan TNI, Dinas Pertanian dan Dinas Sosial Ciamis Kodim 0613 Salurkan Beras BPNT

0
43 views
Nanang Permana Ketua DPRD Ciamis bersama Dandim 0613 melakukan simbolisasi mulainya penyebaran beras bagi masyarakat yang membutuhkan, Rabu (19/2/2019). Foto: Ayu/Ndn

Ciamis – Sebagai salah satu wujud kemitraan Mabes TNI – AD dengan Kementrian Pertanian, Kodim 0613 Ciamis bekerjasama dengan Dinas Pertanian dan Dinas Sosial menyalurkan beras Bantuan Pemerintah Non Tunai (BPNT) kepada masyarakat perima manfaat di Lapang upacara Makodim 0613 Ciamis, Selasa (19/2/2019). Bantuan ini pertama disalurkan Kodim 0613 Ciamis bekerjasama dengan Sentra Pelayanan Pertanian Padi Terpadu (SP3T) bersama kelompok Darma Usaha Sukasari sebagai suplayer bantuan non tunai.

“Ini merupakan pengiriman pertama yang akan disalurkan ke masyarakat penerima manfaat di Kecamatan Cipaku, Panawangan dan Pamarican,” kata Dandim 0613 Ciamis, Letkol Arm. Tri Arto Subagio yang ditemui usai pelepasan.

Menurutnya total semua beras BPNT ini sebanyak 219 ton, namun tahap pertama ini baru 69 ton beras yang disalurkan.

“Beras yang didistribusikan hari ini merupakan beras lokal hasil petani Ciamis untuk para penerima manfaat,” ucapnya.

Dikatakan Tri, ini merupakan wujud kepedulian TNI dalam hal ini Kodim 0613 Ciamis terhadap program ketahanan pangan yang dicanangkan oleh pemerintah agar masyarakat terpenuhi kebutuhan pokoknya terutama yang ada di Ciamis.

“Intinya TNI selalu siap untuk membantu masyarakat. Ini adalah bentuk kemanunggalan TNI dengan masyarakat,” imbuhnya.

Sementara itu Ketua DPRD Ciamis Nanang Permana mengaku mengapresiasi langkah yang sudah dilakukan Kodim 0613 Ciamis dalam menjalin sinergitas dengan Dinas Pertanian yang hasilnya dimanfaatkan oleh Dinas Sosial Ciamis dalam rangka memenuhi kebutuhan beras untuk program BPNT.

“Saya sangat respek dengan sinergitas yang sistemik ini sehingga bisa mendapatkan beras dengan kualitas yang bagus hasil dari petani di tanah galuh dan dimanfaatkan oleh masyarakat kurang mampu di tanah galuh juga,” ujarnya.

Nanang berharap ke depan ini bisa ditingkatkan sehingga kebutuhan beras untuk pemenuhan BPNT bisa mandiri dan swasembada pangan. (Ayu/NolduaNews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here