TENTANG SHOHBAH TQN Suryalaya

by -

TENTANG SHOHBAH TQN Suryalaya

Dalam MAKLUMAT 29 Rojab 1441 H, penting kita garis bawahi bersama kalimat SHOHBAH KUBRO. Untuk itu penting mengingatkan kembali butiran penjelasan Pangersa Guru Agung Hadrotu Syeikh Abah Aos Ra Qs terkait SHOHBAH.

SHOHBAH merupakan salah satu riyadhoh tertinggi seorang murid. SHOHBAH terkategori ke dalam dua. Pertama, SHOHBAH SHUGRO, unsur kegiatannya: 1) IJTIMA’, berkumpul/bermujalasah/berma’iyah-nya seorang murid dengan Syeikh Mursyid, lalu, 2) ISTIMA’, ia mendengar nasihat/taujihat/irsyadat dari Tuan Syeikh selama ia ber-IJTIMA’ dengannya. Pangersa Abah biasa menerima kunjungan SHOHBAH para Ikhwan setiap Jumat di Madrosahnya.

Kedua, SHOHBAH KUBRO, merupakan puncak SHOHBAH, yaitu, ITTIBA’: ikut/taat-nya seorang Murid kepada Tuan Syeikh dalam segala aspeknya. Dalam prakteknya, SHOHBAH KUBRO ialah saat-saat seorang murid, di mana saja kapan saja, selalu menyamakan frekuensi dengan Syeikh Mursyid-nya Ia slalu ROBITHOH kepada Syeikhnya. ROBITHOH itu murid ingat Syeikh-nya.

Ingat itu, ia mengamalkan amalan, membiasakan kebiasaan, mencintai kecintaan, dan menyukai kesukaan Syeikh-nya. Demikian, maka ia sedang BERSAMA dengan Syeikhnya.

Dalam kondisi tanggap darurat covid-19 dan untuk mencegah penularannya, para Pemangku Negara menghimbau agar seluruh warga melalukan physical distancing: menghindari kontak fisik, melakukan pen-jarak-kan fisik saat komunikasi dan perjumpaan fisik di ruang-ruang publik, serta, larangan berkerumun dalam bentuk apapun.

Bahkan beberapa kepala daerah telah menerapkan kebijakan lockdown: warga diimbau mengisolasi diri, semua diimbau untuk bekerja, belajar, dan beribadah di rumah masing-masing. Untuk memastikan realisasi kebijakan dan program ini pemerintah bahkan meminta Aparat Penegak Hukum untuk menindak tegas siapa saja yang tidak patuh dengan imbauan.

Mencermati perkembangan terakhir ini tentu, sebagaimana ajaran Guru-Guru Agung Ahli Silsilah TQN Ma’had Suryalaya, kita, para Ikhwan, murid-murid Pangersa Abah harus TAAT AGAMA dan NEGARA. Dalam kaitan SHOHBAH kepada Pangersa Abah, kita tetap TAAT AGAMA, melaksanakan SHOHBAH KUBRO dari tempat masing-masing (antara lain pesannya seperti tersurat dalam MAKLUMAT 29 Rojab 1441 H) pada saat yang sama TAAT NEGARA, melaksanakan physical distancing dan lockdown, sampai keadaan benar-benar pulih normal seperti sediakala.

Demikian butiran penjelasan untuk dimaknai bersama.

Salam Khidmah,
Pembantu Khusus ABAH AOS, RA. Qs

Ps: Haturmilyun Terimakasih telah ber-Khidmah menyebarluaskan ajaran yang jadi amalan kesucian jiwa TQN Ma’had Suryalaya. Semoga tercurah limpah barokah dan karomah Pangersa Abah untuk semua, al Faatihah. Aamiin.