Cikatomas Handapherang akan Jadi Kampung Porang Di Ciamis

by -

Kegiatan Hari Sumpah Pemuda 2020 di agrowisata Cibungureun Handapherang Cijeungjing Ciamis, Tanam 10.000 porang (Foto : Aep Saepulloh)

Ciamis – Sedikitnya 10.000 tanaman Porang siap ditanam di dusun Cikatomas Desa Handapherang Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis. Penanaman tanaman Porang secara simbolik dilakukan para Pemuda dalam rangka hari sumpah pemuda tahun 2020 di areal agro wisata Cibungureun, Leuwi Keris, Rabu (28/10/2020).

Menurut ketua KNPI Kabupaten Ciamis, Tohirin, puncak acara hari sumpah pemuda tahun 2020 diberbagai daerah termasuk di Ciamis tidak bisa dilaksanakan secara meriah, karena pandemi Covid-19.

Namun begitu kata Tohirin, pihaknya bekerjasama dengan pemilik lahan di dusun Cikatomas Desa Handapherang untuk menanam Porang.

“Cikatomas nantinya akan menjadi kampung Porang dikabupaten Ciamis. Dan menjadi percontohan bagi daerah lainnya” ujar Tohirin.

Lanjut Tohirin, sudah saatnya para pemuda di Ciamis kembali ke alam dengan mengolah lahan pertanian. Karena sektor ini memberikan masa depan yang baik bagi perekonomian pemuda.

“Sektor Pertanian memberikan masa depan yang baik bagi pemuda jika dikelola secara profesional” tuturnya.

Terpisah, pengelola agrowisata Cibungureun, Drs  H. Ishak, Misbahudin, MM mengungkapkan, kawasan ogrowisa Cibungureun akan menjadi wisata agro yang memadukan berbagai unsur tanaman.

Dilahan seluas hampir 6 hektar ini kata Ishak, telah ditanam pohon pohon kelapa (kelapa muda), kopi dan pisang. Diharapkan kelak, para wisatawan bisa menikmati langsung hasl dari panennya.

Lanjutnya, , dikawasan ini juga akan dibangun kebun Al-Qur’an dengan menanam pohon kurma, zaetun, delima dan anggur. Smua tanaman itu tercantum dalam Al – Qur’an.

“Agrowisata Cibungureun lokasinya berbatasan langsung dengan proyek Leuwikeris. Kedepan masyarakat bisa menikmati pemandangan Leuwikeris dari kawasan ini” ujar Ishak.(01/As/nolduanews)