Supriatna Bertekad Lakbok dan Purwadadi Ciamis Kembali Jadi Lumbung Pangan

by -

Supriatna Bertekad Lakbok dan Purwadadi Ciamis Kembali Jadi Lumbung Pangan

Purwadadi – Anggota DPRD Ciamis asal Purwadadi, Supriatna Gumilar bertekad mengembalikan ikon Lakbok dan Purwadadi kembali menjadi lumbung Pangan di kabupaten Ciamis.

Hal tersebut disampaikan Supriatna
saat menghadiri acara Panen Raya yang dilakukan Kelompok P3A Sido Makmur di desa Purwajaya kecamatan Purwadadi, Sabtu (24/10/2020)

“Beberapa waktu lalu saya sudah mengadakan pertemuan dengan warga kelompok tani. Didalamnya terbersit ide untuk mengembalikan wilayah Ciamis bagian selatan ini sebagai lumbung pangan” kata Supriatna.

Dikatakan Anggota DPRD dari PAN ini, untuk mewujudkan hal tersebut para petani mengeluhkan kurangnya daya dukung air bagi areal pesawahan mereka. Dan ini merupakan pekerjaan rumah bagi dirinya.

Ia memiliki pemikiran untuk mendatangkan ahli sehingga kebutuhan air bagi areal pertanian di Purwadadi menjadi baik. Sehingga petani yang tadinya hanya panen 2 kali dalam setahun, bisa 3 kali dalam setahun.

Ditambahkannya, kendala yang dihadapi petani, yakni mereka mengeluhkan harga gabah yang murah saat panen. Sementara biaya produksi membengkak.

Ia akan memperjuangkan penggunaan mesin padi yang bisa mengolah beras dari medium menjadi premium.

“Sehingga hasil panen petani bisa masuk pada program BNPT, sehingga harga bisa stabil” ujarnya.

Supriatna juga bertekad untuk memperjuangkan kebutuhan petani dengan melobi Pemerintah Pusat, Propinsi maupun Kabupaten guna membuat skala prioritas agar wilayah Lakbok dan Purwoadadi kembali menjadi lumbung pangan. (Uju Suparman/nolduanews)