Rumah Lansia di Sukamantri Ciamis, Ludes Dilalap Sijago Merah

by -

Rumah Lansia di Sukamantri Ciamis, Ludes Dilalap Sijago Merah

CIAMIS – Rumah Enjun, warga Dusun Cibeureum RT/RW 19/07, Desa Cibeureum, Kecamatan Sukamantri, Kabupaten Ciamis ludes dilalap Si Jago Merah diakibatkan karena kosleting listrik. Jumat, (29/1/2021).

Kebakaran terjadi pada pukul 12:30, dan hasil gotong royong masyarakat setempat dalam upaya memadamkan api, akhirnya si Jago Merah bisa di padamkan. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Ibu Enjun, pemilik rumah tersebut langsung dibawa ke rumah saudaranya untuk dirawat.

Pusdalops-PB BPBD Kab. Ciamis mepakukan kordinasi dengan aparat setempat serta melakukan assesment dan memberikan bantuan logistik ke tempat kejadian bencana.

Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kab. Ciamis, juga memberikan bantuan berupa logistik kedaruratan, alat-alat dapur, tikar, dan makanan lansia.

Uju Suparman, anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana) mengatakan, saat ini membutuhkan bantuan pembangunan rumah kembali.

“Untuk bantuan pembangunan rumah, biasanya ada dari BPBD dan dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas). Kalau dari dinas sosial (Dinsos) hanya bantuan lohistik,” ujar Uju Suparman

Karena yang berhak mengeluarkan itu, lanjut uju, adalah BPBD, dan bantuan yang diberikan Dinas Sosial (Dinsos) itu alat-alat dapur lengkap, selimut, baju lansia, makanan lansia dan logistik.

“Untuk pembangunan rumah, pihak Desa dan Kecamatan sudah mengajukan ke pihak Baznas, PMI dan BPBD,” pungkasnya (Kayan Manggala/nolduanews)