Catatan Pelaksanaan PPKM di Kecamatan Banjaranyar

by -

Catatan Pelaksanaan PPKM di Kecamatan Banjaranyar

Oleh : Uju Suparman (Wartawan nolduanews.com)

Ciamis, Tanggal18 februari 2021 SK menteri dalam negeri no 03 th 2021 tengtang pemberlakuan PPKM berskala mikro mendorong desa untuk tebih responsif dalam upaya penanganan dan pencegahan Covid.

Hal tersebut memberikan ruang yg lebih jelas dan leluasa Pada pemerintahan desa. melalui pos anggaran dana desa , satgas yg terbentuk harus dapat mengimplementasikan semua upaya terkait dgn penanganan covid.
Ada 4 bidang yg dapat di gulirkan dara dana desa tersebut yaitu : pencegahan , penanganan, pembinaan dan pendukung.

4 pokok bidang tersebut sudah mencakup segala sesuatu yg dibutuhkan dalan kesatgasan covid di tingkat desa.

Di wilayah kecamatan Dari sisi pencegahan sudah mulai melakukan hal hal penting untuk mengawalinya yaitu dgn terbentuknya satgas covid desa, sekretariatan atau posko siaga Covid .

Hal tersebut merupakan sesuatu yang harus dilakukan mengingat perencanaan kinerja satgas akan berawal dari adanya hal tersebut.

Di bidang penanganan , satgas desa juga harus menyiapkan perencanaan langkah penganan yg di awali dari Di siapkan nya ruang atau tempat isolasi yg memenuhi syarat atau ketentuan, selanjutnya ke siapan untuk pelaksanaan traking , test dan treatment ( 3 T ) yg berkordinasi dgn petugas kesehatan / puskesmas .
Terkait dengan penanganan jenazah dgn PROKES ini juga harus disiapkan bila mana ada kasus kematian dgn status covid positif.

Dalam bidang pembinaan , satgas kecamatan dan desa di tuntut untuk melakukan langkah langkah pembinaan, Diantaranya mengiattkan kegiatan edukasi dan penegakan disiplin protokoler dengan operasi yustisi yg dapat di lanjut pada penegakan hukum oleh pihak yg berwenang.

Untuk bidang pendukung itu dapat disesuaikan dengan kebutuhan .

Sistem informasi, sistem pelaporan , dokumen tadi adalah hal yg penting sebagai akuntsbilitas dari apa yg dilaksanakan.

Berdasarkan informasi dan fakta lapangan , untuk wilayah kecamatan Banjarayar hampir seluruh desa sudah melakukan upaya yg menuju ke arah sana.

” Sejak beberapa hari yg lalu satgas Kecamatan Banjaranyar sudah melakukan monitoring dan supervisi fasilitatif pada sepuluh desa yg ada.
Camat sebagai ketua satgas , Polsek Banjarsari Koramil Banjarsari beserta UPTD Puskesmas cigayam selalu inten dalam berkoordinasi ,Diharapkan pula masyarakat dapat memahami , menghargai dan menjalankan serta mematuhi apa yg telah menjadi langkah pemerintah agar pandemi covid ini segera berakhir ” Jelas Ari kepala puskesmas Banjarayar

Walaupun belum seratus persen siap ,setidaknya sudah banyak upaya yg telah dilakukan baik oleh satgas kecamatan ataupun satgas desa yg di bantu juga oleh unsur lainnya.

Semoga ini menjadi langkah yg baik untuk upaya penanganan covid di Banjaranyar. ( Us//nolduanews )