Ratusan Santri Pondok Pesantren Daarul Ma’arif Ciamis Divaksin

by -

Ratusan Santri Pondok Pesantren Daarul Ma’arif Ciamis Divaksin (Foto ; Atang)

Ciamis,-Guna mencegah penularan Covid-19 serta untuk menciptakan kekebalan tubuh bagi parsantri dan juga bentuk ikhtiar dalam penangulangan covid 19, Pondok Pesantren Daarul Ma’arif Ciamis melaksanakan Vaksinasi bagi ratusan santri bekerjasama dengan Kementerian Agama Kab Ciamis, Kodim 0613, Polres dan Dinas Kesehatan Kab. Ciamis,

Ustd Fadlun salah satu pengurus pesantren, kamis,( 16/09) membenarkan bahwa kegiatan vaksin ini merupakan bagian dari ikhtiar ponpes mencegah penularan Covid-19 dimana memang juga bagian dari program vaksinasi 3 juta santri di Jawa Barat siap divaksin.

Fadlun mengatakan untuk para sntri darul maarif sendiri yang menjadi sasaran vaksin berjumlah kurang lebih 500 santri tetapi karena beberapa ada yang berkegiatan di luar serta ada santri yang sakit sehingga yang terdata telah mengikuti vaksin berjumlah 300 santri dan sisanya akan menysusl di legiatan kedepan.

“memang dari 500 sasaran santri baru sekitar 300 santri yang telah di vaksin tadi karena ada beberapa kendala, sehingga belum bisa mengikuti kegiatan vaksin tetapi antusias santri sangat baik” ungkapanya.

Sementara itu Kepala MA El Bas Ciamis Drs Misbahudin M.Pd  yang mana siswanya merupakan santri darul maarif menambahakan antusias para santri untuk mengikuti vaksinasi begitu besar. Karena terlihat dari semangat yang rela antri untuk bisa mengisi formulir pendaftaran dengan jadwal yang telah ditetapkan demi  menghidari kerumunan dan juga para peserta vaksin wajib penerapan protokol kesehatan ketat, mulai dari taat masker hingga mencuci tangan sebelum masuk ke ruangan vaksin.

” karen memang di lingkungan pondok untuk protokol kesehatanya sangat ketat sehingga para santri walaupun harus menganteri tetap bersemangat untuk ikut vaksinasi.”ujaranya.

Misbahudin menambahkan bahwa memang ada beberapa santri yang terkendala data NIK yang tidak valid/tidak aktif/ataupun ganda sehingga disarankan untuk diaktivasi/betulkan ke disdukcapil dulu dan bisa mengikuti di vaksinansi tahap ke dua. Serta juga ada yang terkendala kesehatan dan ijin orang tua sehingga yang belum sempat divaksin akan terus di edukasi dan didorong untuk mengikuti vaksinasi tahap selanjutnya, bersamaan dengan vaksinasi tahap kedua yang akan digelar beberapa pekan mendatang.

“Kita selalu mengedukasi tentang manfaat vaksin, salah satunya menambah imun, disatu sisi kita juga mengimbau orang tua mengikutkan anaknya untuk divaksin,Rencannya untuk tahap vaksin ke dua pada tanggal 14 oktober 2021 ”jelasnya

Sementara itu Kepala Kementrian Agama Ciamis, H. Asep Lukman Hakim saat di hubungi mealaui telepon seluler mengatakan sangat mengapresiasi kepada pimpinan Pondok Pesantren dan Kepala Madrasah yang sudah melaksanakan program vaksinasi dan rasa syukur karena antusias santri di Kab Ciamis sangatlah tinggi khususnya di sntri ponpes darul maarif bahkan pihaknya mengucapkan terimakasih juga kepada jajaran Kodim 0613, Polres dan Dinas Kesehatan Kab. Ciamis, yang sudah membantu terlaksananya program vaksin di lingkungan ponpes dan madrasah di kabupaten ciamis

“Ucapan terima kasih kepada bebagai pihak yang telah membantu pelaksanaan vaksinasi, semoga menjadi amal ibadah yang diterima oleh Alloh SWT, aamiiin. ” ungkapnya.

Beliau berharap seluruh warga pondok pesantren dan madrasah yang ada di Kab. Ciamis mulai dari tenaga pendidik dan kepandidikan, santri dan siswa keseluruhnya bisa melaksanakan vaksin, karena vaksin ini merupakan salah satu usaha kita agar tidak terpapar covid-19 sehingga kegiatan keagamaan di pesantren dan juga kegiatan belajar mengajar di sekolah madrasah bisa kembali normal. (Atang/nolduanews)